Sejarah

Guru TIK/KKPI serta Insan TI Republik Indonesia mempunyai peran strategis untuk meningkatkan profesionalitas dan kompetensi diri. Demi terwujudnya tujuan tersebut di atas maka dibentuklah organisasi profesi guru Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dan Keterampilan Komputer dan Pengolahan Informasi (KKPI) serta Insan Teknologi Informasi (TI) dengan nama ASOSIASI GURU TEKNOLOGI INFORMASI INDONESIA (AGTIFINDO) pada tanggal 4 Juli 2014 dalam kegiatan konsolidasi dan koordinasi nasional guru dan insan teknologi informasi secara ONLINE dan Diperkuat dengan Musyawarah Nasional Guru / Insan Teknologi Informasi pada tanggal 20 Juli 2014 yang merupakan cikal bakal Terbentuknya AGTIFINDO secara resmi yang dilaksanakan di Jakarta secara ONSITE dan ONLINE.
Asosiasi Guru Teknologi Informasi Indonesia yang selanjutnya disingkat AGTIFINDO adalah sebuah organisasi profesi sekaligus organisasi masyarakat di bidang teknologi informasi. AGTIFINDO lahir dari keinginan merangkul dan mewadahi semua insan IT, mulai dari jenjang SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA hingga jenjang SMK/MAK atau sederajat pada jenjang pendidikan formal hingga Informal seperti Instruktur dan Praktisi IT.
AGTIFINDO memiliki mimpi besar untuk bisa menjadi organisasi yang sejajar dengan organisasi besar lainnya. organisasi ini bukan merupakan organisasi tandingan dari organisasi lainnya, organisasi ini akan berperan aktif memajukan dunia IT di Indonesia baik melalui jenjang pendidikan formal maupun non-formal dengan saling bersinergi dengan organisasi sejenis dan organisasi lainnya.
Kita mengenal adanya organisasi guru PGRI, lalu ada FSG, ada juga FSGI, ada juga IGI. Kehadiran Organisasi tersebut semua untuk memperjuangkan nasib dan kepentingan guru sesuai platform serta ad/art nya masing-masing, tentu dengan cara - cara yang berbeda. Begitupula dengan kehadiran AGTIFINDO ini akan membuat organisasi sejenis yang ada semakin baik karena tentu akan ada iklim kompetitif secara positif, saling mendukung dan memperkuat untuk mencapai tujuan yang telah digariskan dalam ad/art masing-masing organisasi.
Organisasi ini adalah organisasi terbuka, semua segmen dan kalangan mulai dari guru, instruktur hingga praktisi IT bisa bergabung kedalam keanggotaan organisasi ini sepanjang telah memahami dan menyepakati terlebih dahulu visi dan misi, tujuan, AD/ART, serta ketentuan lainnya yang ada. Berhubung saat terbentuknya organisasi ini belum ada kepengurusan resmi, maka organisasi ini dijalankan secara kolektif, kebersamaan dengan musyawarah dan mufakat dalam wadah koordinasi yang kami lakukan utk mengangkomodasi organisasi ini sampai dirasa siap untuk di lunching, sehingga dapat lebih menjadi organisasi yg solid dengan kesiapan dan kematangan yang kuat. Untuk itu banyak hal-hal yang harus disiapkan baik dari hal mendasar visi, misi, tujuan, dan sasaran organisasi tak lupa juga kelengkapan organisasi lainnya, mulai dari draft susunan struktur organisasi, draft tata tertib peserta kongres, draft calon ketua dan pengurus inti, draft ad art, buku pedoman persuratan, perhitungan kerjasama kelembagaan dll.
Oleh karena itu dengan dipimpin pengurus harian sementara Fathur Rachim, Siti Siti Khodijah Dewi Utari dan teman-teman sekalian memohon bantuan memikirkan dan memberikan sumbang saran dan bentuk lainnya sebagai wujud kepedulian untuk membesar AGTIFINDO sebagai organisasi yang kuat dan mandiri serta independen. Dengan motto dari kita, oleh kita, dan untuk kita demi anak bangsa.