Jumat, 15 Juli 2016

BUKU PANDUAN MODA DARING PESERTA GURU PEMBELAJAR

Saat ini hampir sebagian besar rekan-rekan guru sudah mengetahui bahkan memegang Raport Hasil UKG-nya masing-maasing yang telah dilaksanakan tahun 2015 yang lalu. Jika anda melihat hasil raport yang terdapat di portal "gurupembelajar.id" dengan hasil raport yang diberikan oleh dinas pendidikan akan terdapat sedikit perbedaan karena raport pada portal guru pembelajar merupakan rerata sedangkan yang diberikan oleh dinas pendidikan lebih detailed/lengkap. Sehingga jangan terkejut ketika anda melihat raport di portal hanya 1 modul merah, sedangkan ketika melihat raport lengkap dari dinas terdapat beberapa komputensi merah disetiap modul.

Memang ada beberapa hal yang masih menjadi tanya besar dikalangan guru-guru mengenai metode dan pola konversi nilai UKG tahun 2015 yang jika dibandingkan antara 1 daerah dengan daerah lainnya tampak sedikit berbeda, bahkan ada yang tidak dilakukan konversi ? Entahlah, hanya para pengambil kebijakanlah yang punya kompetensi untuk menjawab hal tersebut.

Saat ini kita tidak akan membahas hal tersebut, karena saya akan berbagi mengenai Buku Panduan bagi Peserta untuk Pembelajaran Daring. Buku Manual bagi Peserta ini dimaksudkan untuk mendukung “Guru Pembelajar Moda Daring” guna meningkatkan kompetensi guru dan tenaga kependidikan di bidangnya. Mungkin banyak dari anda bertanya-tanya, apakah yang harus dilakukan pasca anda mengetahui dan menerima hasil raport UKG 2015. Jawabannya adalah membaca buku panduan, dan salah satunya adalah buku panduan moda daring ini dimana kemungkinan besar anda akan ikut dalam kelas yang dikelola secara daring.

Guru Pembelajar Moda daring ini terdiri dari 3 (tiga) model yaitu GP Moda Daring Penuh-Model 1, GP Moda Daring Penuh-Model 2, dan GP Moda Daring Kombinasi. GP Moda Daring Penuh-Model 1 hanya melibatkan pengampu dan guru sebagai peserta. Selama proses pembelajaran, peserta dibimbing dan difasilitasi secara daring oleh pengampu. GP Moda Daring Penuh-Model 2 melibatkan pengampu, mentor, dan peserta. GP moda daring model ini menggabungkan interaksi antara peserta dengan mentor dan atau pengampu, yang hanya dilakukan secara daring. Sedangkan pada moda kombinasi ini, peserta melakukan interaksi belajar secara daring dan tatap muka. Interaksi belajar secara daring dilakukan secara mandiri dengan memanfaatkan teknologi informasi dan pembelajaran yang telah disiapkan secara elektronik, dan dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja, sedangkan interaksi tatap muka dilaksanakan bersamaan dengan peserta GP lainnya di pusat belajar (PB) yang telah ditetapkan sesuai dengan SK Penetapan KKG dan difasilitasi oleh seorang mentor.

Buku manual ini memberikan gambaran rinci tentang teknis penggunaan moda untuk Guru Pembelajar (GP) dengan menggunakan moda daring (dalam jaringan). Buku manual GP moda daring ini disusun sebagai pegangan bagi peserta, mentor, dan pengampu dalam melaksanakan dan menjamin serta meningkatkan mutu program GP moda daring. Buku manual ini memuat penjelasan secara detail tentang pelaksanaan kegiatan-kegiatan dalam GP moda daring sesuai dengan petunjuk
pelaksanaan GP secara umum.

Adapun link Buku Panduan Moda Daring Bagi Peserta (Klik Disini)

Reaksi: