Jumat, 02 Oktober 2015

Mendapatkan VISA ke Amerika itu MUDAH ?

United State of Amerika (USA) atau mungkin sebagian juga mengenal dengan sebutan "Paman Sam" merupakan salah satu negara yang paling "rewel" dalam urusan penerbitan Visa kunjungan. Jika anda pernah berkunjung kebeberapa negara tetangga kita seperti Malaysia dan Singapura mungkin anggapan untuk memperoleh Visa kunjungan ke USA ittu akan dianggap sulit. Amerika sebagai negara super power tentu menerapkan sistem pengamanan bertingkat dan hal ini mungkin dapat dimaklumi demi keamanan Negaranya termasuk kenyamanan kita selaku Visitor di negara mereka. Berikut saya akan berbagi pengalaman mengenai pengurusan Visa ke USA dalam rangka menghadiri kegiatan "INTEL Education Visionaries Program Kick-Off and Training" di Santa Clara - California, USA, dan berikut tahapan - tahapannya :
1. Pastikan Jenis Visa yang ingin anda ajukan telah tepat. Jenis Visa ini bergantung pada tujuan anda berkunjung ke Amerika. Sebagai contoh, saya ke Amerika dengan tujuan mengikuti Konfrensi dan Training, maka ada dua jenis Visa yang bisa diajukan yakni Visa B1 atau Visa J1. Visa J1 kita pilih jika penyelenggara kegiatan di USA adalah Pemerintah Amerika (seperti pertukaran mahasiswa, pelajar, pendidikan, konfrensi dll) sedangkan Visa B1 untuk Bisnis atau kegiatan Training, Konfrensi atau Seminar bidang Pendidikan, Kesehatan dll yang diselenggarakan oleh Corporate/ Perusahaan/ Non-Goverment.
2.  Bayarlah biaya visa sesuai jumlah, waktu dan ketentuan yang ada sesuai jenis Visa yang diajukan (hampir semua jenis visa ada biayanya mulai dari $160 s/d $265 kecuali jenis-jenis visa tertentu). Sebelum membayar biaya Visa pastikan mencetak Slip Deposit sebelum berangkat ke Bank, pihak bank akan menagih sesuai nominal yang tertera pada Slip Deposit tersebut. Adapun link untuk mendownload Slip Deposit tersebut di http://www.ustraveldocs.com/id_bi/id-niv-paymentinfo.asp
3. Selanjutnya pihak bank (Standar Carter Bank atau Bank Permata) akan mengeluarkan slip MRV US Visa yang nanti nomor MRV nya akan digunakan dalam pengajuan penjadualan Wawancara di Kedubes Amerika Jakarta atau Konsulat Amerika di Surabaya. Perlu anda ketahui bahwa tidak semua cabang Standar Carter Bank atau cabang Bank Permata dapat melayani pembayaran biaya visa ini. Untuk mengetahui cabang Standar Carter Bank atau cabang Bank Permata yang bisa melayani silahkan klik link http://www.ustraveldocs.com/id_bi/id-loc-bank.asp
4. Langkah berikutnya adalah melengkapi Form DS-160 atau form yang sesuai dengan jenis visa yang anda pilih. Isilah semua formulir yang ada dengan lengkap dan JUJUR serta sediakan waktu yang cukup mengingat banyak data yang harus anda lengkapi, jika bahasa Inggris anda agak belepotan seperti saya :) ada baiknya didampingi orang yang mengerti bahasa Inggris, karena kesalahan mengisi data akan merugikan anda sendiri. Adapun link form DS-160 bisa di akses di https://ceac.state.gov/genniv/
5. Selanjutnya anda membuat penjadualan wawancara di kedubes/konsulat Amerika pada link berikut https://cgifederal.secure.force.com/?language=Indonesian&country=Indonesia , perlu anda fahami bahwa kesalahan penjadualan dan pengisian DS-160 dapat berakibat kegagalan Visa anda, dan itu berarti anda akan kehilangan dana yang anda setorkan karena dana yang disetor tidak dapat dikembalikan.
6. Dalam sehari kedubes atau konsulat Amerika hanya melayani waktu wawancara pada pukul 7.00 dan pukul 9.00 , jika anda mengambil wawancara pukul 7.00, saya sarankan anda datang pukul 6.15 sudah berada di kedubes/konsulat karena jika musim pengurusan Visa antriannya bisa sampai berjam-jam. Sebagai gambaran ketika saya mengurus Visa pertama kali saya datang pukul 6.20 dan saya baru keluar dari kedubes pukul 11.15, pada saat pengurusan Visa kedua kalinya saya datang pukul 6.20 saya bisa keluar dari kedubes pukul 9.30
7. Bawalah dokumen sesuai yang dipersyaratkan (Paspor, Slip MRV Bank, Appointment Confirmation, DS-160 Confirmation dan Photo Warna UKURAN 5x5 cm), ingat jika anda hanya membawa dokument tersebut terlebih jika anda baru pertama kali mengurus Visa ke Amerika maka hampir bisa dipastikan anda akan gagal dan kehilangan uang pendaftaran biaya visa. Pastikan anda MEMBAWA dan MENYERAHKAN semua dokumen pendukung sesuai jenis visa baik diminta maupun tidak diminta seperti surat undangan dari penyelenggara, surat rekomendasi dari perusahaan/pemerintah kita, paspor lama, kartu keluarga, copy rekening bank dll.
8. Anda akan antri di depan gerbang kedubes cukup lama bergantung pada panjangnya antrian, antrian akan dipanggil memasuki kedubes per 10 orang.
9 Sesampai didalam anda akan melewati metal detektor dan screening, semua yang anda bawa termasuk handphone akan ditinggal di security kecuali dokumen yang diperlukan. Anda tidak diperkenankan membawa makanan dan minuman ke dalam ruangan kedubes. Namun jangan khawatir didalam ada minuman yang disediakan berupa air mineral galon, adapula yang jualan makanan ringan.
10. Didalam anda akan diperiksa dokumen kelengkapan awal (dokumen minimal) anda oleh petugas, jika dirasa cukup maka anda akan diarahkan ke mesin pengambilan nomor urut antrian.
11. Selanjutnya anda akan dipanggil sesuai nomor urut antrian untuk dilakukan interview awal mengenai kelengkapan dokumen utama anda. Jangan khawatir sampai tahapan ini anda masih berhadapan dengan orang Indonesia yang wajahnya terkadang masih cukup bersahabat :) lalu anda akan menerima Kartu Kelompok Wawancara.
12. Selanjutnya anda akan dipanggil masuk kedalam gedung / ruangan pengambilan sidik jari. Anda akan dipanggil berdasarkan Kelompok Wawancara anda. Ingat pasang pendengaran yang seksama dan jangan ngelamun ya :)
13. Setelah anda diambil sidik jari, anda akan dipanggil untuk wawancara berdasarkan kelompok wawancara anda, nah ditahapan ini anda akan bertemu dengan bule-bule ganteng dan catik-cantik yang "sangat ramah sekali" jika anda beruntung :). Tentu anda bertanya apa saja yang ditanyakan maka jawabannya sangat variatif sekali dan tidak ada standarisasi khusus sepertinya, semua bergantung pada jenis visa yang anda ajukan dan kelengkapan dokumen utama dan dokumen pendukung anda. Waktu yang anda wawancara pun bergantung pada mereka, ada yang kurang dari 5 menit ada pula yang mencapai 30 menit atau lebih. Dan saya pernah mengalami kedua-duanya karena pernah sekali ditolak dan kali kedua diterima. Kenapa ditolak ? Saya pun bingung, yang jelas mereka tidak akan menjelaskan rinci masalah penolakannya karena apa, namun berdasarkan pengalaman saya dan pengamatan applicant visa lainnya penolakan dapat dikarenakan data kita tidak akurat (berbohong), tidak ada data pendudukung, data pendukung kurang meyakinkan, ada pencekalan, kemampuan bahasa, kemampuan keuangan kita, keinginan kita untuk kembali ke tanah air pasca kunjungan dan lain sebagainya.
14. Jika pasca wawancara anda menerima kertas berwarna pink maka hampir bisa dipastikan anda ditolak berat, namun jika berwarna putih ada kemungkinan anda ditolak namun masih memerlukan penambahan dokumen penunjang lainnya, atau bahkan permohonan visa anda langsung disetujui. Namun apapun warna kertas yang anda terima, jika bunyinya penolakan maka artinya anda harus mengurus pengajuan visa yang baru dengan biaya yang baru lagi.
15. Selanjutnya ada baiknya anda beristirahat diruang tunggu diluar untuk melihat ekspresi orang-orang yang ditolak dan diterima :), maksudnya untuk menguatkan hati ketika anda ditolak biar serasa ada temen penolakan, artinya anda tidak sendiri :).
16. Selanjutnya Visa beserta Paport anda bisa diambil atau dikirim ke perwakilan yang sebelumnya sudah kita isi pada saat pengajuan Appontment.

Mungkin anda akan merasa frustasi berat setelah itu, jika tujuan anda ke USA untuk berlibur ada baiknya alihkan ketujuan lainnya seperti Eropa dimana pengajuan Visa relatif mudah dan murah bahkan ada yang bebas biaya visa, keuntungan lainnya adalah anda bisa berpergian lintas negara di Eropa dengan 1 Visa dan 1 mata uang karena mereka tergabung dalam Uni Erova.
Jika anda masih ngotot pengen pergi ke Amerika, maka siapkan dana lebih untuk pengajuan visa berikutnya serta menyiapkan fisik dan mental untuk siap ditolak :) , bagaimana jika anda membawa sekarung uang ke kedubes untuk membuktikan anda mampu ? heheheh, uang bukan jaminan pengajuan visa anda akan disetujui. Sekali lagi persetujuan visa Amerika sangat bergantung banyak faktor seperti Jenis Visa, Kelengkapan data Utama, Kelengkapan data Penunjang serta ada pula faktor "Keberuntungan" just kidding.

Reaksi: