Kamis, 10 September 2015

IMPLEMENTASI E-LEARNING (MOODLE) DALAM PEMBELAJARAN

Konsep E-Learning dapat difahami sebagai pembelajaran jarak jauh (distance Learning) yang memanfaatkan teknologi komputer, jaringan komputer dan/atau Internet. E-Learning memungkinkan pembelajar untuk belajar melalui komputer/smartphone di tempat mereka masing-masing tanpa harus secara fisik / tatap-muka pergi mengikuti proses pembelajaran di kelas.
E-Learning sering pula dipahami sebagai suatu bentuk pembelajaran berbasis web yang bisa diakses oleh pembelajar dari intranet di jaringan local, internet atau dengan memanfaatkan jaringan IP Public untuk digunakan intranet sehingga dapat diakses secara lebih luas.
Sebenarnya materi e-Learning tidak harus didistribusikan secara on-line baik melalui jaringan lokal maupun internet, distribusi secara off-line menggunakan media CD/DVD dalam bentuk bahan ajar atau software pembelajaran mandiri pun termasuk pola e-Learning. Dalam hal ini aplikasi dan materi belajar dikembangkan sesuai kebutuhan dan didistribusikan melalui media CD/DVD yang biasanya dikemas dalam bentuk interaktif, selanjutnya pembelajar dapat memanfatkan CD/DVD tersebut dan belajar di mana pun dia berada.
Moodle merupakan salah satu dari sekian banyak Learning Management System (LMS) yang memiliki kemampuan paling powerfull sampai saat ini (menurut penulis) jika dibandingkan dengan LMS lain semisal Edmodo, Quipper, Kelas Maya dan sejenisnya termasuk pendatang baru Google Classroom yang baru diluncurkan akhir tahun 2014 kemarin, namun Google Classroom kedepan bakalan menjadi pesaing terberat bagi LMS lainnya.
Moodle dapat diimplementasikan di jaringan internet maupun intranet dengan menggunakan server "moodle.org" ataupun server anda sendiri yang di hosting di internet maupun intranet, sehingga LMS moodle paling fleksibel dan implementatif hampir untuk berbagai kondisi infrastruktur yang terbatas.
Berikut ini penulis lampirkan panduan pengelolaan kelas di moodle yang terdapat di server agtifindo.org / agtifindo.or.id dengan alamat http://belajar.agtifindo.org, panduan tersebut dibuat dengan mengacu pada moodle ver. 1.92 dan saat ini portal belajar.agtifindo.org sudah menggunakan moodle ver. 2.6. Selamat Mencoba !
Reaksi: