Rabu, 05 Agustus 2015

KALTIM Going to Paperless Schools

SAMARINDA - Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur melalui Dinas Pendidikan Prov. Kaltim bekerjasama dengan GEG Kalimantan Timur dan AGTIFINDO, menyelenggarakan kegiatan pelatihan bagi guru SMP, SMA/SMK se Kaltim dengan tema "Pelatihan Google Apps Bagi Pendidikan di Abad 21 Menuju Sekolah Tanpa Kertas".
Pelatihan dilaksanakan mulai tanggal 2 -7 Agustus 2015 di Mesra Business and Resort Hotel dan diikuti sebanyak 100 pserta, dengan rincian Guru SMP sebanyak 20 orang, guru SMA 43 orang dan guru SMK 37 orang.
Kepala Dinas Pendidikan Kaltim, Musyahrim yang diwakili Kepala UPTD Tekkom dan Infodik Disdik Prov. Kaltim, Mutanto, saat membuka kegiatan tersebut memaparkan salah satu tolok ukur sekolah yang maju dan modern adalah penerapan dan optimalisasi proses pembelajaran dan administrasi sekolah menggunakan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).
TIK tersebut, lanjut dia, diimplementasikan dalam proses pembelajaran, bank data, bahan ajar berbasis TIK, digital library (perpustakaan digital) dan pembelajaran secara online.
"Melalui kegiatan ini, nantinya dapat meningkatkan profesionalisme tenaga pendidik sekaligus mutu instansinya. Semoga kegiatan pelatihan yang dirancang ini dapat memberikan manfaat ganda bagi pihak sekolah, karena program yang digunakan bersifat freeware atau gratis, mudah dikembangkan dan dapat diimplementasikan di lingkungan sekolah menuju paperless school (sekolah tanpa kertas) dengan meminimalisir penggunaan kertas dengan beralih pada pemanfaatan teknologi secara maksimal." paparnya.
Sementara itu, pembina GEG (Google Educator Group) Kaltim, Muhtar Lubis, mengatakan kegiatan pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi kegiatan pembelajaran dengan memanfaatkan TIK secara maksimal. Disamping itu pula diharapkan dapat menjadi embrio atau simpul-simpul pusat sumber beajar dan paperless school di kabupaten/kota masing-masing.
Adapun narasumber dalam pelatihan ini yaitu Pepita Gunawan (Education Manager, Google Indonesia), Indra Charismiadji (Pengamat Pendidikan, Eduspec Indonesia), Budi Prasetya (Senior Trainer, Intel Edukasi), Fathur Rachim (GEG Kalimantan Timur, Master Trainer Intel Teach dan Intel Visionaries Ambassador, Ketua Umum DPP AGTIFINDO), Catur Yoga (Sekretaris Umum DPP AGTIFINDO), Siti Khodijah Dewi Utari (Bendahara Umum DPP AGTIFINDO). 
Sumber :http://disdik.kaltimprov.go.id/index.php/read/news/2015/1121/google-apps-yang-digunakan-bersifat-freeware.html
Reaksi: